Pengetahuan singkat tentang , Http , Url (Uniform Resource Locator)

Assalamualaikum Wr . Wb ..
       Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit pengetahuan tentang Http & Url , Apasih yang terlintas pada pikiran anda pada saat mendengar kata Http & Url ...? Apa http itu hanya sejenis kunci untuk memasuki Url atau yang sering disebut dengan Laman/Halaman situs itu saja ..?
Nah disini saya akan sedikit mengulang pelajaran IT kita .
sejarah singkatnya  ..
HTTP ini pertama dikenal di indonsia  pada tahun 1990 dan Penemunya adalah Tim John Berners Lee berasal dari Negara Inggris. lahir pada 8 Juni 1955  ..

HTTP
(Hypertext Transfer Protocol), yang mana adalah suatu protokol yang digunakan oleh World Wide Web. HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini. Sebagai contoh, ketika Anda mengetikkan suatu alamat atau URL pada browser Anda, maka itu sebenarnya web browser secara otomatis akan mengirimkan perintah HTTP ke web server. kemudian di lanjutkan lagi dengan Web server akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser (misalnya akses ke database, file, e-mail dan lain sebagainya). Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada pengguna(user).

URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat mereferensikan pranala ke World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya.
 Mungkin untuk sementara hanya ini saja yang bisa saya bagikan , Terimakasih .


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top