Bahasan tentang pemahaman Linux

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pemahaman linux , pemahaman linux adalah sistem operasi open source gratis yang bebas untuk didistribusikan di bawah lisensi GNU . sehingga Anda diijinkan untuk menginstal pada komputer Anda atau copy dan mendistribusikannya tanpa harus membayar . Linux merupakan turunan dari Unix dan dapat bekerja pada berbagai hardware mulai dari antar koputer x86 ke RISC . Dengan GNU ( Gnu Not Unix ) Anda bisa mendapatkan program , lengkap dengan kode sumber ( source code ) . Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda inginkan, atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi . Meskipun gratis , lisensi GNU memungkinkan mereka yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program tersebut.Kebebasan yang paling penting dari Linux , terutama bagi programmer dan administrator jaringan , adalah kebebasan memperoleh kode sumber ( source code ) dan kebebasan untuk mengubahnya . Ini berarti beberapa hal penting . Keselamatan pertama, dinamika kedua.Jika perangkat lunak komersial tidak memungkinkan Anda untuk mengetahui kode sumbenya maka Anda tidak akan pernah tahu apakah program yang Anda beli dari mereka itu aman atau tidak ( sering disebut keamanan dengan ketidakjelasan ) . Hidup Anda di tangan para vendor . Dan jika ada pemberitahuan tentang bug dari perangkat lunak komersial , sering terlambat . Dengan Linux , Anda dapat meneliti kode sumber secara langsung , bersama dengan pengguna Linux lainnya . Perkembangan pengguna Linux sebagai komunitas yang terbuka , membuat bug akan cepat diketahui, dan secepat itu programmer akan memperbaiki program tersebut . Anda sendiri juga menentukan kode yang cocok sesuai dengan perangkat keras dasar dan perangkat lunak lain untuk dilaksanakan . Seperti mobil, Anda bisa memodifikasi sesukanya , meskipun mesin , untuk memperoleh bentuk yang diinginkan .Pengungkapan kode sumber juga memungkinkan sistem operasi berkembang dengan pesat . Jika sebuah program dengan sistem tertutup dan hanya dikembangkan oleh vendor tertentu , paling banyak sekitar seribu hingga lima ribu orang . Seperti untuk Linux , dengan kode open source , dikembangkan oleh sukarelawan di seluruh dunia . Bug dikenal cepat dan Program penambalnya ( patch) lebih cepat tersedia. Pendekatan pengembangan sistem operasi ini disebut Bazaar . Sebaliknya Chatedraal sangat sistem tertutup dan hanya fokus pada satu atau dua pengembang saja.linux kini telah berevolusi menjadi banyak distro ( distribusi ) , misalnya, adalah distro Redhat , Debian , Suse . saat ini distro linux yang sangat populer digunakan di Indonesia adalah distro Ubuntu berasal dari Debian .

Linux Virtual Server


1.Understanding Linux Virtual ServerLinux server virtual ( LVS ) adalah alternatif utama open source yang menyediakan solusi untuk membuat sistem load balancing . Seperti disebutkan dalam situs Proyek server linux maya rumah , Linux server virtual ( LVS ) adalah " server sangat scalable dan sangat tersedia dibangun pada sekelompok realservers , dengan penyeimbang beban yang berjalan pada sistem operasi Linux " Maksud dari server nyata adalah mesin komputer yang benar-benar melayani permintaan yang ada . Server nyata dapat dihubungkan menggunakan LAN atau WAN kecepatan . Dan mesin klaster ujung tombak server direktur , dalam bentuk sebuah server tunggal yang menghubungkan server sebenarnya dengan klien dari intranet atau internet (di luar sistem cluster ) .

 
2 . Linux server virtual dengan OSI Layer Preview .Konsep dasar jaringan tidak pernah lepas dari OSI Layer , termasuk sistem virtual server linux yang bekerja dengan beban jaringan balancing. OSI dibagi menjadi tujuh lapisan , masing-masing berisi protokol komunikasi untuk bertukar informasi antara dua atau lebih komputer , antara lain:

    
Lapisan fisik ( layer 1 ) , lapisan bawah yang berfungsi untuk mengubat data bit menjadi sinyal listrik yang akan melewati media transmisi .
    
Lapisan Data Link (layer 2 ) , lapisan ini menyediakan format data , pembuatan frame, kontrol dan kesalahan aliran data .
    
Jaringan lapisan ( layer 3 ) , tugas utama lapisan ini adalah untuk mengatasi penyediaan pengaturan dan pengelolaan peralatan jaringan lalu lintas jaringan .
    
Lapisan Transport (layer 4 ) , lapisan transport bertanggung jawab untuk integritas data dalam proses transmisi .
    
Session layer (lapisan 5 ) , lapisan ini bertanggung jawab untuk membangun , memelihara, dan mengakhiri sesi antara aplikasi .
    
Lapisan presentasi (lapisan 6 ) , berfungsi untuk mengatasi perbedaan format data , kompresi dan enkripsi data.
    
Layer aplikasi (lapisan 7 ) , adalah lapisan paling atas dari OSI user interface kelingkungan .


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top