Belajar Membuat Spesifikasi Kompiuter Cepat

Ingin membuat Kompiuter Anda menjadi lebih cepat ? akan tetapi dana terbatas untuk membuat kecepatan yang lebih maksimal ? coba baca artikel saya Cara Sederhana Mempercepat Kinerja Komputer. Saya termasuk orang yang tidak sabaran dan pemalas, apalagi harus menunggu lama hanya untuk koneksi internet yang lambat maupun kinerja kompiuter yang sangat lambat, lebih baik saya tidur jika koneksi internet lambat dan kompiuter lemot.

Jaman sekarang masih saja menggunakan kompiuter lambat ? sudah bukan jamannya lagi. Tergantung juga kebutuhan kompiuter yang akan Anda gunakan itu untuk apa ? kalau untuk bekerja, saya yakin Anda pasti rela untuk mengeluarkan uang lebih supaya kompiuter menjadi jauh lebih cepat. Jangan sayang terhadap uang Anda jika itu untuk usaha dan kemajuan dari usaha Anda sendiri.

Bahkan saya pun rela membeli RAM 2x4GB = 8GB untuk PC dan 2x4GB = 8GB untuk Laptop supaya daya ingat menjadi lebih banyak dan kinerja jadi lebih cepat. Terakhir saya beli RAM Laptop bulan September 2014 harganya cukup mahal yaitu 430 ribu di Kediri, beda toko beda harga. Sebenarnya RAM Bukan pioritas utama kecepatan kompiuter akan tetapi fungsinya adalah sebagai daya ingat dari kompiuter itu sendiri. Misalnya Anda ingin membuka banyak Tab atau banyak Game atau program-program yang membutuhkan RAM besar, saat itulah RAM bekerja.

Kecepatan RAM akan di menyesuaikan dengan kecepatan Processor yang Anda pakai. Bisa di katakan kalau Processor itu adalah daya pikir dari Kompiuter dan Ram adalah daya ingat sementara dari Kompiuter, seperti otak kanan dan otak kiri kalau manusia. Sekilas pandangan Kompiuter jika di samakan dengan manusia adalah seperti :

Processor : Otak Kanan
RAM : Otak Kiri
VGA : Mata
Harddisk : Lambung
PSU : Jantung
Motherboard : Tubuh
Speaker : Mulut

Kurang lebih seperti itu menurut definisi saya pribadi.

Gunakan Processor minimal Dual Core untuk CPU Anda dan Motherboard LGA 775 paling Rendah sedangkan RAM minimal 2-4GB berikan juga VGA Add-ons paling rendah 1GB dan Harddisk setidaknya 250GB yang tipe SATA untuk transfer data yang lebih cepat dan kinerja baik. Hal paling Vital yang sering diremehkan adalah PSU, banyak orang beranggapan buat apa beli PSU mahal-mahal kalau yang murahan saja bisa menyala ? itu pasti orang awam. Gunakan PSU yang harganya minimal 400 ribu an, kalau ada dana lebih bisa pake yang PURE.

PSU adalah jantung dari Kompiuter Anda dan fungsinya adalah mengatur tekanan dan aliran listrik, stabil atau tidaknya kompiuter Anda ya dari PSU itu sendiri yang memberikan aliran listrik menuju semua perangkat keras kompiuter.

Rekomendasi saya untuk minimal komputer cepat adalah :

Processor : Dual Core
RAM : 2 GB
VGA Add-ons : 1 GB
Harddisk : 250GB SATA
PSU : Harga 400 ribu keatas
Motherboard : Gigabyte / Asus

Saran saya adalah merakit sendiri kompiuter Anda, jadi jangan beli langsung jadi, kalau ga bisa merakit sendiri coba tanya pada teman atau saudara yang bisa bidang teknologi.

Kompiuter saya yang tua spesifikasinya :

Processor : Intel Quad Core q9450
RAM : 2x4GB Corsair
VGA Add-ons : Asus GeForce GT 730 2GB DDR3 128 Bit
Harddisk : Corsair 128GB SSD untuk OS dan 1TB Seagate untuk datadrive
PSU : Corsair CX Series 500W
Motherboard : Asus - P5G41T-M LX - LGA 775
Case : DAZUMBA D-vito 802

komputer Tua
Gini nih komputer Tua saya.
Hanya dengan spesifikasi seperti itu saja saya sudah cukup puas dan bisa digunakan untuk bermain game maupun membuka program-program berat dengan ringan tanpa kendala apapun. Maen Game Online seperti Perfect World kuat buka sampai 8 TAB, padahal itu lumayan berat sih. Maen segala jenis game juga ga pernah ngadat, kalau cuman PES 2014 doank sih udah lancar jaya. Kalau kompiuter saya yang masih muda jangan di bahas deh takut dirikira pamer.

Disini saya menawarkan kepada Anda yang suka otak atik kompiuter, saran saya adalah dengan budget minimal 3jt untuk 1 paket CPU yang lumayan dan budget 5jt untuk yang lebih cepat dan 10jt untuk yang bisa menyala full nonstop dan pastinya super cepat. Soal LCD saya tidak terlalu memikirkan yang besar atau yang kecil, toh LCD saya yang lama cuman LCD China harga 500 ribuan juga awet kok sampai 5 tahun. Jadi terserah saja mau pake LCD yang bagaimana itu gak mempengaruhi kecepatan CPU Anda.

Jika Anda menggunakan Spesifikasi kompiuter lama saya seperti diatas, pasti akan cepat sekali, saya jamin 100%. Saran saya Jangan sayang uang jika itu untuk pekerjaan Anda. Untuk spesifikasi lebih canggih Anda bisa menggunakan Processor intel Core i5 / i7 atau untuk Anda yang suka main Game dan desain grafis bisa gunakan Processor AMD.

Untuk Anda yang ingin membuat kompiuter secara bertahap, saran saya mulailah dari pemilihan Motherboard yang bagus dan yang lainnya yang jelek dulu tidak masalah, lalu setelah memiliki uang lebih bisa di Upgrade satu persatu, karena saya dulu awalnya juga begitu. Pertama kali saya bikin kompiuter hanya dengan budget 2jt dan itupun sangat super lemot banget, speknya hanya seperti ini dulu :

Processor : Intel Dual Core E2200, saya berikan pada teman.
RAM : 1GB Deam, saya berikan pada teman.
VGA : Onboard / Shared Memory
Harddisk : 500GB Seagate, sudah laku terjual.
PSU : Yang murahan harga 75 ribu - 100 ribu tiap 4 bulan sekali meleduk.
Motherboard : Asrock - LGA 775, saya berikan pada teman.
Case : Yang murahan dan biasa harga 50 ribu non PSU.

Dulu hanya kayak gitu doank harganya 2jt CPU aja, itu 5 tahun yang lalu. Kemudian saya Upgrade sedikit demi sedikit. Setelah jadi, saya bosen dan pengen bikin lagi yang core i7, kalau mau Upgrade lagi komputer tua saya sudah males karena masih LGA lama mentok pake Core 2 Extreme / Quad Core.

Jika Anda pecinta teknologi pasti akan selalu penasaran dengan kompiuter dan ingin membuatnya menjadi lebih cepat, cepat, dan semakin cepat serta lebih canggih lagi :D . . . Soalnya saya begitu, gak suka banget dengan yang lambat-lambat. Selamat belajar bikin kompi cepat :) kalau sudah cepat jangan lupa pakai helem ya kalau mau maen kompiuter, hehehe...


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top