Instalasi server IRCD menggunakan UNREALIRCD

jayatikediri.org - IRC (Internet relay chat) adalah aplikasi yang memungkingkan beberapa kelompok atau komunitas berkumpul dengan waktu yang bersamaan. Dan juga memfasilitasi transfer pesan dalam bentuk teks, proses chating bekerja pada model client/server jaringan. pada kesempatan kali ini saya akan membagikan suatu teknik bagaimana menginstall server IRCD, yang bisa anda lakukan pada VPS (Virtual Private Server) maupun Shell Linux. hal pertama yang dilakukan bila kita menginstall server IRCD dalam VPS adalah membuka port 6667/7000 karena port ini yang nantinya berguna untuk memulai proses penginstalan server IRCD.
anda bisa membuka dan menutup port anda dengan Command "IPTABLES" yang kami anggap anda sudah mengerti sebelum anda membaca tulisan ini. Pada kesempatan ini kami akan memperlihatkan kepada anda bagaimana menginstall server IRCD menggunakan Shell Linux.
Langkah Pertama :

  1. CEK PORT PADA SHELL ANDA.
    Cara ini dapat anda lakukan dengan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan cara mengkoneksikan ip pada shell anda ke software IRC seperti gambar dibawah :
jika terdapat pesan "Connection failed. Error: Connection timed out" ini kemungkinan besar server target yang akan anda gunakan tidak open port 6667,6668,7000 namun jika terdapat pesan seperti gambar dibawah :
"Connection failed. Error: Connection refused" pesan ini berarti port 6667/7000 terbuka pada server target. Namun tidak hanya sampai disini saja kita check target shell kita ada beberapa langkah lagi yang harus kita cermati sebelum melakukan instalasi server IRCD pada shell.

  2. CEK C++ DAN GMAKE, MAKE, GCC
      Ini termasuk inti daripada teknik installasi server IRCD di shell, karena dengan tambahan program itu kita dapat melakukan install dan compile file di unrealircd. Lalu bagaimana cara mengecek program program diatas apakah ada dalam sistem target??? kita bisa menggunakan command "which program" semisal "which gcc" namun kita juga mencari dengan sekaligus dengan command "which gcc gmake make c++" jika muncul pesan seperti gambar dibawah ini, kita bisa lanjut ke step berikutnya :
dan yang harus anda ingat adalah shell diharuskan "Disabled Functions: NONE" karena sistem executable tidak bekerja kita tidak dapat mencompile file dari step selanjutnya.

3. DOWNLOAD SOURCE IRCD & INSTALL
anda dapat mendownload dengan command "wget http://jayatikediri.org/unrealircd.zip"
lalu ekstrak dengan command "unzip unrealircd.zip"
 
 Lalu masuk ke direktori /unrealircd ketikan perintah ./Config
lalu ketikan perintah "make"
lalu lanjut ketikan "make install" setelah itu jalankan server anda dengan perintah "./unreal start" lalu anda coba dengan menyambung ke IP shell anda menggunakan software IRC.


 





Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top