Spesifikasi Komputer Cepat dengan Harga Murah

Buat saudara sekalian yang ingin merakit sebuah komputer sendiri dan tidak suka dengan komputer yang lemot atau yang loadingnya lama, ini saya punya rekomendasi spesifikasi komputer yang terbilang menengah, di bilang murah ya gak murah murah amat, di bilang mahal ya gak mahal-mahal amat kok.

Saya adalah pecinta Intel dari sejak jaman Pantium 3 sampai sekarang Core i7, kenapa Intel ? kenapa tidak AMD saja ? alasan saya memilih Intel itu relatif sebenarnya, tergantung kebutuhan juga sih, hehe...

Pengen bikin komputer buat main game ? Game komputer berat sekelas PS3 / PS4 lewat.. Multimedia Oke, grafis oke, browsing oke dan tidak terlalu memakan biaya yang cukup mahal.


Rig Komputer saya sekarang setelah Update bulan Mei 2015 ini :

Processor : Intel Core i3 4160 cuman 1,5jt
Motherboard : Gigabyte GA-H97 Gaming 3 cuman 1,8jt
Harddisk : Intel SSD 120GB 530 Series cuman 1,1jt
Harddisk 2 : Seagate 4TB SSHD cuman 1,5jt
RAM : Corsair DDR3 Vengeance Pro Red PC12800 8GB (2X4GB) cuman 1jt an
VGA : MSI Geforce GTX 750 Ti 2GB DDR5 - Twin Frozr 2GD5/OC Gaming cuman 2,3jt
PSU : Seasonic S12II-620 620W - Bronze cuman 1jt
LED : SAMSUNG 19,5" S20D300 LED cuman 1,3jt
Casing : VenomRX God Of Wind - 5 Turbo Fans murah cuman 500 ribu
Cooler Processor : Corsair Hydro Series H60 Water Cooler cuman 850 ribu

Totalnya kurang lebih cuman 13jt an saja... Bila pengen lebih murah maka Harddisk 4TB jangan dimasukin, Cooler Processor pake standart juga boleh, VGA Pake Onboard saja bisa main game sekelas PS 3 Dengan sangat lancar tanpa lag / ngadat, jika mengurangi 3 komponen tersebut Anda sudah hemat 4,65 jt.

Menurut pengalaman saya, processor kelas rendah seperti Core i3 itu saja sudah terbilang cepat banget asalkan komponen lainnya mumpuni, seperti Powe Supply dan RAM nya harus bagus, soal motherboard sebenarnya tidak terlalu mempengaruhi kecepatan terlalu tinggi, dan harddisk ada baiknya menggunakan SSD yang sekarang harganya sudah sangat murah 120GB saja cukup buat OS nanti penyimpanan bisa make Harddisk External Usb 3 yang 1TB aja paling cuman 800 ribuan doank dah bagus.

Saran saya sih Anda merakit kompiuter milik Anda sendiri biar tahu barang yang Anda gunakan itu bagus atau tidak, second atau baru dan biar Anda tidak merasa tertipu. Saya paling suka merakit komputer sendiri dan Upgrade nya secara perlahan, pelan-pelan saja gitu.

Untuk generasi lama, Anda bisa menggunakan RIG saya yang lama ini juga tidak kalah lho, bisa juga buat maen PS3 dan kuat banget.

Processor : Intel Quad Core q9450 sekarang cuman 600 ribuan
RAM : 2x4GB Corsair 1jt an
VGA Add-ons : Asus GeForce GT 730 2GB DDR3 128 Bit beli baru sekitar 400 ribuan
Harddisk : Corsair 128GB SSD untuk OS dan 1TB Seagate untuk datadrive ke 2 Harddisk total ga ada 2jt
PSU : Corsair CX Series 500W sekitar 800 ribuan
Motherboard : Asus - P5G41T-M LX - LGA 775 paling cuman 300-400 ribuan
Case : DAZUMBA D-vito 802 skitar 350-400 ribuan

Sudah lumayan lah kalau buat ngetik-ngetik dan ngerjain skripsi.

Sebenarnya soal Casing itu tidak terlalu penting, buat main game, menurut saya yang harus di tinggikan atau di bagusin itu Power Supply nya, terkadang banyak sekali orang yang meremehkan Power Suplly dan memberikan PSU murahan seharga 100-300 ribuan buat komponen komputernya dan bahkan yang lebih parah lagi adalah menggunakan PSU bawaan Casing, hati-hati saja jika make PSU bawaan casing karena saya berpengalaman 4 Harddisk 80GB an rusak dan 1 Harddisk 500GB an sekarang tidak berfungsi dengan baik, pernah juga sekali sampai Motherboard saya terbakar dan tidak mau menyala lagi, untungnya masih garansi akhirnya masih di kasih yang baru lagi sama distributor.

Soal Ram menurut saya pribadi minimal 4GB sudah cukup lumayan lah jika ada VGA nya. Jaman sekarang RAM 2GB apalagi 1GB itu udah gak jamannya lagi.

Soal Harddisk saya Vote SSD untuk OS nya karena sangat meninggkatkan kecepatan komputer secara drastis.

Nah mau coba bikin spec komputer cepat ? bisa main game ? bisa multimedia ? buka apa saja tidak lag, mulailah dari Budget 5jt untuk CPU nya saja belum termasuk layar.

Usahakan merakit sendiri, kalau ga bisa, dapat minta bantuan temen yang bisa, kalau merakit sendiri Anda bisa mengukur dan mengatur seberapa dan sebagaimana kebutuhan Anda dalam menggunakan komputer dan membutuhakn kinerja komputer yang seperti apa.

Sekian Wassalam.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top